Sabtu, 21 Juli 2018

Upaya Mengurangi Jumlah Sampah Di Pesisir Desa Pesanggrahan



Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki luas lautan lebih banyak daripada luas daratannya. Sebagai negara maritim Indonesia memiliki wilayah pesisir yang sangat panjang sehingga sebagian besar masyarakat pesisir berprofesi sebagai nelayan dan sebagian wilayah pesisir tersebut dimanfaatkan juga sebagai tempat wisata yang tentunya juga bermanfaat untuk menunjang perekonomian masyarakat sekitar. Tetapi potensi laut di Indonesia tidak benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi perikanan, potensi besar laut Indonesia sering di curi oleh negara tetangga yang menyusup dan mengambil hasil laut di Indonesia sehingga sangat merugikan negara hingga milyaran rupiah, apalagi untuk saat ini sampah-sampah yang berserakan di laut juga dapat mempengaruhi hasil tangkapan nelayan tradisional. Sedangkan dari segi wisata, atau sebagian pantainya sudah tercemar oleh sampah yang disebabkan oleh masyarakat ataupun wisatawan itu sendiri.
Sampah memang menjadi masalah yang besar bagi masyarakat Indonesia karena kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak yang ditimbulkan apabila membuang sampah di laut. Seperti yang kita ketahui, Bali merupakan pulau yang terkenal dengan wisata pantainya, tatapi saat ini sebagian pantai di Bali sudah mulai rusak dengan adanya sampah, hal tersebut tentunya sangat merugikan masyarakat itu sendiri karena akan mulai jarang di kunjungi wisatawan.


Permasalahan sampah tersebut juga terjadi di desa Pesanggrahan kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan Jawa Timur. Sampah yang berada di pesisir Desa ini sudah sangat banyak karena kesadaran warganya yang rendah dan sudah menganggap bahwa laut adalah tempat sampah. Apabila hal ini terjadi terus menerus akan dapat menyebabkan potensi laut yang ada di Desa ini terancam. Dari alasan tersebutlah kami dari kelompok KKN 04 UTM 2018 mengadakan kegiatan cinta lingkungan, dimana kegiatan tersebut merupakan bersih-bersih sebagian kecil pantai agar dapat mengurangi sampah yang berserakan di pantai desa Pesanggrahan ini. Kegiatan ini kami lakukan dari mulai pukul 07.00-11.00 pada hari Minggu, 22 Juli 2018.

Setelah pantai dibersihkan, terlihat anak-anak yang tinggal di sekitar daerah tersebut terlihat senang dan menggunakan tempat yang sebelumnya penuh sampah tersebut sebagai tempat bermain yang menyenangkan. Meskipun kegiatan yang kami lakukan belum berpengaruh besar atau dapat bermanfaat secara langsung bagi masyarakat sekitar tetapi setidaknya dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat sekitar pantai tersebut dapat sadar bahwa laut bukan tempat sampah.

Penulis : Nofita Sari dan Ahmad Rudianto
Editor  : Ainur Inas Annisa

0 komentar:

Posting Komentar