Minggu, 22 Juli 2018

Meningkatkan Keterampilan Mendesain melalui Pelatihan Desain Produk bersama Karang Taruna Desa Pesanggrahan


Anggota Karang Taruna Desa Pesanggrahan yang berjumlah sekitar 14 orang telah mengikuti Pelatihan Desain Produk yang diadakan pada  tanggal 22 Juli 2018 di Balai Desa Pesanggrahan. Pelatihan tersebut diadakan oleh kelompok 4 KKN UTM 2018 dan di pimpin langsung oleh Ainur Inas Annisa selaku penanggung jawab program dengan dibantu oleh 4 anggota lainnya sebagai pendamping. Pelatihan Desain Produk dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada peserta yang merupakan pemuda desa setempat akan pentingnya keterampilan (skill) mendesain sekaligus mengajarkan cara menggunakan aplikasi desain yang sudah ada.
Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB. Diawali dengan pembukaan oleh MC dan sambutan dari berbagai pihak termasuk salah satunya oleh Sekretaris Desa. Dalam sambutannya, Bapak Moh.Badrus Rizal selaku Sekretaris Desa mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan diadakannya Pelatihan Desain Produk oleh teman-teman KKN 04 UTM dan juga menghimbau kepada para anggota Karang Taruna sebagai peserta untuk dapat menyimak materi yang diberikan, karena sekecil apapun itu akan sangat bermanfaat kedepannya.
Sementara itu, dalam teknis pelaksanaannya peserta terlebih dahulu menyimak pemaparan oleh pemateri melalui slide powerpoint yang sudah dipersiapkan, kemudian peserta diberikan kesempatan untuk mencoba mempraktekkannya sendiri dengan berbekal modul yang sudah diberikan sebelumnya. Adapun aplikasi desain yang digunakan dalam pelatihan Desain produk adalah Aplikasi CorelDraw keluaran tahun 2017.



Para peserta menyambut baik adanya pelatihan desain produk yang diadakan oleh Kelompok KKN 4 UTM 2018. Selama pelatihan berlangsung, peserta nampak sangat antusias dan aktif bertanya. Rupaya, belajar mendesain merupakan sebuah pengalaman baru bagi anggota Karang Taruna disana. “Sebelum adanya pelatihan ini, saya hanya mengetahui tentang cara menggunakan aplikasi Ms. Word yang memang lebih banyak digunakan. Namun setelah mengikuti pelatihan ini, saya akhirnya mengetahui manfaat dari keterampilan mendesain dan juga mengetahui sedikit cara mendesain. Saya berkeinginan untuk mempelajari aplikasi desain secara lebih mendalam setelah ini,” Ungkap Ardi, salah satu peserta pelatihan pada malam itu.
Acara pelatihan desain produk diakhiri dengan foto bersama oleh team KKN 04 UTM 2018, para peserta, serta Bapak Badrus Rizal dan Bapak Saiful yang mewakili perangkat/pemerintah Desa Pesanggrahan.

Penulis : Kiki Andriyani
Editor  : Ainur Inas Annisa


1 komentar: