Selasa, 24 Juli 2018

Kegotong-royongan Masyarakat Desa Pesanggrahan



Selasa, 07 Juli 2018 Tim KKN 04 Tematik Universitas Trunojoyo Madura tahun 2018 bergegas ke sebuah dusun di Pesanggrahan, Dusun Perompong, kira-kira pukul 06.30 WIB, Tim bergegas menggunakan peralatan kerja bakti lengkap dan dengan semangat yg membara, heheh. Karena pada malam harinya kami diminta oleh salah satu perangkat desa pesanggerahan untuk berkenan membantu warga sekaligus bergotong-royong mengenal kearifan lokal Desa Pesanggrahan tempat kami Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini.
Pada pagi itu kami mulai dengan membersihkan belukar dan rumput liar di sekitar lokasi kerja bakti. Rencananya warga dusun Perompong ingin membuat sebuah bendungan air sederhana, dan membuat saluran air kecil yang berfungsi untuk mengalirkan air tawar dari desa ke arah selatan, yakni ke arah tambak garam. Pasalnya setiap kali air laut meluap ada yg mengalir ke pemukiman warga akibatnya air di pemukiman warga perompong menjadi asin terkontaminasi dengan air laut tersebut, demikian lah yg kami dapat setelah bertanya kepada salah seorang warga yang ikut bergotong-royong.


Kami diterima dengan baik oleh warga sekitar. Bahkan warga sangat berterima kasih karena kami berkenan turut serta membantu kegiatan tersebut, meskipun tidak bisa membantu secara menyeluruh, inilah salah satu kelebihan warga desa yang dapat dijumpai hingga saat ini.
Hal hal yang dapat kami temui adalah terdapat adat yang sangat bagus, yakni ketika ada yang lewat di jalan walaupun meraka berpangkat ataupun lebih tua secara umur, mereka akan tetep turun dari kendaraannya untuk memberi hormat (meminta ijin lewat) kepada orang yang duduk-duduk di sepanjang jalan.



Penulis : Suhardi
Editor  : Ainur Inas Annisa

0 komentar:

Posting Komentar